Sejumlah Situs Web untuk Lacak dan Kenali Calon pada Pemilu 2019

Nadia Intan, Saufika Enggar, Aulia Sukma, Mario Stephen

(Situs RekamJejak.net juga memberi kesempatan kepada pengguna untuk menambahkan informasi baru)

Komisi Pemilihan Umum (KPU) maupun elemen masyarakat mengadakan sejumlah terobosan. Sejumah situs web dan aplikasi mereka ciptakan untuk menampillkan data caleg secara lebih komunikatif. Data tersebut dapat diakses kapan saja dan di mana saja dengan menggunakan gawai tersambung koneksi internet.

Menurut Dr. Nyarwi Ahmad, pakar komunikas politik dari FISIPOL UGM, banyaknya situs maupun aplikasi penyedia informasi caleg merupakan hal yang positif sebagai preferensi bagi masyarakat dalam menggali informasi seputar pemilu dan kandidat caleg. Sebab, informasi caleg adalah informasi publik, terutama informasi-informasi seperti kompetensi, pendidikan, kiprah politik, kebijakan yang pernah dikeluarkan, karir di organisasi, dan sebagainya.

“Bagi caleg, tidak perlu takut untuk memberikan informasi, bahkan jika perlu justru memaksimalkan platform-platform tersebut untuk mempromosikan dirinya. Bagi pemilih, mereka terbantu dengan banyaknya pilihan platform supaya pemilih tidak membeli kucing dalam karung,” ujar Dr. Nyarwi Ahmad.  Selain itu, calon politisi bisa belajar kelebihan dan kekurangan para kandidat yang saat ini bertarung.

Berikut sejumlah situs atau aplikasi tersebut :

 KPU

Komisi Pemilihan Umum menyediakan data para caleg. Calon pemilih bisa melihat informasi caleg dari menu, di situs infopemilu.kpu.go.id atau aplikasi KPU RI Pemilu 2019, berdasarkan tingkat daerah pemilihan, dari DPR, DPRD Provinsi, dan DPRD Kabupaten/Kota, lalu memilih provinsi, dan kemudian kabupaten/kota.

Data yang diunggah dalam situs dan aplikasi KPU ini menjadi sumber resmi yang digunakan oleh situs-situs lain yang dikembangkan oleh pihak ketiga.

Pintarmemilih.id

Pintarmemilih.id diinisiasi oleh Perkumpulan Untuk Pemilu dan Demokrasi (Perludem). Informasi caleg yang ditampilkan oleh Pintarmemilih.id seluruhnya bersumber dari situs resmi KPU. Informasi tersebut meliputi biodata dan profil. Kolom biodata berisi jenis kelamin, tanggal lahir, tempat tinggal, agama, status perkawinan, dan status khusus. Sedangkan kolom profil memuat pendidikan, pekerjaan, motivasi, dan target sasaran. Selain itu, pengunjung juga dapat mengakses dokumen-dokumen yang terkait dengan pencalonan caleg yang bersangkutan, seperti Surat Pernyataan, Daftar Riwayat Hidup, Surat Keterangan Pengadilan Negeri, fotokopi Kartu Tanda Anggota Partai, dan sebagainya.

Kenali.id

Dilansir dari situs resminya, Kenali.id memberikan informasi bagi masyarakat untuk mengenali pejabat publik, baik yang dalam proses pencalonan maupun yang sedang menjabat. Namun, dalam rangka Pemilu 2019, situs yang diluncurkan pada 2 April 2019 itu cenderung fokus dalam menampilkan profil caleg, sehingga masyarakat dapat mengenali caleg yang akan dipilih dalam Pemilu sesuai dengan daerah masing-masing.

Jariungu.com

Jariungu.com mengklaim menyediakan lebih dari 240 ribu data caleg 2019-2024 dan 19 ribu data anggota parlemen periode 2014-2019. Pengunjung situs Jariungu.com dapat mencari profil caleg yang berdasarkan Dapil. Nama dan foto caleg ditampilkan dalam tabel berdasarkan partai pengusung dan nomor urut. Jika nama caleg diklik, maka akan muncul profil singkat berisi domisili, tempat dan tanggal lahir, pekerjaan, pendidikan terakhir, motivasi, dan target atau sasaran. Jariungu.com pun memungkinkan caleg yang bersangkutan untuk mengunggah visi misi, latar belakang, dan foto maupun video kegiatan dalam situs tersebut.

Calegpedia.id

Calegpedia.id dikembangkan oleh Para Syndicate, pusat studi kebijakan politik yang digagas oleh Soegeng Sarjadi pada 2015. Calegpedia.id terkoneksi dengan Google Maps sehingga pengunjung dapat lebih mudah mencari nama caleg berdasarkan lokasi tanpa harus memasukkan data daerah tempat tinggal. Calegpedia dalam bentuk apps dapat diunduh secara gratis di Google Play Store. Calegpedia.id menyediakan simulasi surat suara lengkap, mulai dari pemilihan Presiden dan Wakil Presiden, DPR-RI, DPD-RI, DPRD Provinsi, serta DPRD Kabupaten atau Kota.

Rekamjejak.net

Organisasi anti korupsi non-pemerintah, ICW (Indonesia Corruption Watch) pada 24 Februari 2019 meluncurkan situs bernama Rekamjejak.net. Situs ini memberikan informasi rekam jejak seluruh calon legislatif yang maju di Pemilu Legislatif 2019, termasuk calon incumbent atau petahana. Situs buatan organisasi yang telah mengungkap dan mengawal kasus-kasus korupsi pejabat publik ini berisi informasi anggota DPR terkait jejak korupsi, Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN), usulan revisi Undang-Undang Komisi Pemberantasan Korupsi (UU KPK), mantan terpidana kasus korupsi.

Temanrakyat.id

Temanrakyat.id menawarkan sesuatu yang berbeda dan interaktif. Profil caleg dikemas dalam rubrik #UnboxingCaleg. Sayangnya, tidak semua caleg ditampilkan profilnya, hanya beberapa saja yang terpilih berdasarkan hasil request tertinggi di akun Instagram @temanrakyat. Bahasa yang digunakan dalam rubrik tersebut pun cenderung tidak formal sebagaimana situs-situs lainnya. Temanrakyat.id juga menerima tulisan dari pembaca untuk mengisi rubrik #UnboxingCaleg. Namun, sebelum dipublikasikan, tulisan-tulisan tersebut akan melalui proses editing terlebih karena pada dasarnya, konsep #UnboxingCaleg adalah “review konsumen” bukan “pemaparan dari produsen,” sehingga harus bersifat objektif.

Line Today – Pemilu 2019

Pengguna media sosial Line dapat memanfaatkan fitur baru pada bagian “Pemilu 2019” di kolom Line Today. Usai nama wilayah dimasukkan ke bagian pencarian, Line Today akan menampilkan daftar nama caleg berikut foto dirinya. Informasi yang ditampilkan ialah nama lengkap, kategori pemilihan, agama, tingkat pendidikan, pekerjaan, tanggal lahir, tempat lahir para caleg. Khusus kandidat capres dan cawapres ditambah keterangan “slogan.” Selain itu juga disajikan berita-berita seputar Pemilu 2019 dari berbagai sumber. (Nadia Intan Fajarlie/ Aulia Sukma T/ Saufika Enggar/ Mario Stephen/*.)